Selasa, 16 Juni 2015

Read & Book : Mr. Justice Raffles





Judul : Mr.Justice Raffles - Pencuri Legendaris dari Inggris
Penulis : E. W Hornung
Penerbit : Visimedia
ISBN : 979-065-173-2
Tebal buku : 422 halaman


Assalamu'alaikum wr wb

Hai guys,
ada yang tau buku ini....????..ini bukan tentang penemu bunga rafflesia ya...

Mr. Justice Raffles itu karya fiksi dari pengarang terkenal E. W Hornung. Di Indonesia, buku ini diterbitkan oleh Visimedia. Tau kan Penerbit Visimedia...?. Penerbit khusus genre-genre misteri, thriller, horor, kejahatan, dan masih banyak lagi. sebelum tau karakter tokoh novel ini, kita kenalan dulu sama penulis alaias pengarangnya

Tentang Penulis 

Ernest Wiliam Hornung (7 Juni 1966-22 Maret 1921) adalah novelis asal Inggris yang terkenal dengan karyanya yang mengambil tokoh utama sosok pencuri budiman gentlemen thief bernama A.J Raffles yang hidup di London, Inggris pada akhir abad ke-19 (era vactorian) dan berpetualangan menjelajahi kawasan Eropa.

Lahir sebagai anak bungsu dari delapabersaudar, dari pasangan John Peter Hornung (1821-1886) dan Harrietnee Armstrong (1824-1896), ia banyak menghabiskan masa kecilnya di Perancis dan Inggris. Sempat bersekolah di Uppingham School selama 4 tahun. Namun, karena penyakit asma yang di deritanya ia harus meningglakn sekolah pada tahun 1883 dan dipindahkan ke New South Wales, Australia.

Kehidupan barunya di Australia ini memberi ilham pada karya pertamanya A Bride form the Bush (1890) hingga bergabung dengan Society of Authors an Reform Club. Pada tanggal 17 September 1893 beliau menikah dengan Constance Aimee Monica Doyle (1868 - 1924), yang juga merupakan saudara perempuan penulis ternama Sir Arthur  Conan Doyle (1859-1930).

Tokoh Utama A.J. Raffles pertama muncul pada terbitan Cassel’s Magazine sepanjang tahun 1898 berupa cerita pendek, hingga kemudian dikumpulkan menjadi  kumpulan cerpen berjudul The Amateur Cracksman (1899). Kesuksesan kisah ini menjadi bahan pembicaraan, bahkan tidak sedikit yang menduganya adanya Sir Arthur Conan Doyle yang telah dikenal emalaui serial cerita  pendek petualangan detektif unik  Sherlock Holmes dengan rekannya Dokter Watson (demikian pula dengan A.J Raffles yang punya rekan Bunny Manders, yang menjadi narator dalam kisah Raffles
Jika Sherlock Holmes adalah tokoh penegak hukum dan keadilan, maka A.J Raffles justru sebaliknya ia diburu pihak berwajib . Musuh-musuhnya bermunculan dari dunia hitam. Terutama sesama pencuri atau bahkan perampok keji yang mengincar mangsa sama. Namun, selalu dikalahkan oleh kecerdikan Raffles. Kesuksesan The Amateur Cracksman membuat beliau kembali menghadirkan petualangn Raffles dan Bunny dalam The Black Mask (192) atau yang diterbitkan dalam edisi berjudul Raffles : The Further Adventures of the Amateur Cracksman yang berakhir dengan tragedi ketika tokoh utama tewas sebagi sukarelawan dalam Perang Boer kedua di Afrika Selatan (1899-1902)
Ketika para pembaca dan penggemar meminta dimunculkan kembali kisah Rafflesdan twaran dari penerbit bermunculan, maka beliau menulis kisah baru dengan judul  A Thief In The Nigth (1905), Meski kisah ini petualangan terbaru, beliau menolak untuk menghidipkan kembali sosok Raffles, sehingga karya ketiga yang diterbitkan ini berisikan petualangan Raffles dan Bunny sebelum ia terjun dalam konflik Perang Boer di Afrika
Mr Justice Raffles merupakan satu-satunya novel yang beliau tulis (pertama kali rilis tahun 1909), dan karena itu  pengembangan karakter Raffle serta Bunny lebih menarik dan matang dibandingkan cerita-cerita pendek yang ditulis sebelumnya. Beberapa detail yang muncul juga memberikan gambaran lebih jelas siapa sebenarnya sosok Raffles yang serba misterius dan tertutup, dan bagaimana ia bisa dekat dengan Bunny Mandres yang memiliki sifat serta karakter berbeda dengan dirinya.

Tentang A.J Raffles
A.J Raffles adalah sosok pemuda tampan, menarik dan memiliki penggemar dari kalangan sosial atas terutama berkat keahlian sebgai atlet olahraga cricket (salah satu olahraga kegemaran kalangan atas di Inggris) terbaik dan selalu meraih kemenangan besar. Namun, tiada yang bisa menduga dibalik gemerlap serta semarak dunia kaum bangsawan yang kaya seta terhormat, bahwa ia bukan seperti  sosok yang ditampilkam di masyarakat umum. Hanya satu orang yang mendapat ‘kehorrmatan’ mengetahui kehidupan pribadi pria ini, seklaigus ikut serta terjerumus dalam petualangan mendebarkan sekaligus berbahya. A.J Raffles adalah seorang pencuri ulung yang khusus menjarah harta kaum berharta yang suka memamerkan kekayaan serta harta benda mereka.
Ia menunjuluki dirinya sebagai gentleman-thief karena hanya memiliki dan mengambil benda-benda tertentu yang bernilai tinggi serta sulit diambil. Raffles menyukai tantangan sehingga jika ada kabar tentang benda berharga yang disimpan dalam penjagaan seta keamanan ketat, ia cenderung untuk melakukan pembobolan demi membuktikan dirinya mampu. Ada pun sosok yang mengetahui rahasianya tidak lain adalah Harry bunny Manders –adik kelas yang memuja dirinya, dan terbelit dalm hutang-piutang besar ketiak akhirnya memberanikan diri meminta bantuan kepada Raffles-. Yang ia tak sangka, Raffles menyanggupi untuk menolongnya dengan cara sama sekali tak pernah diduga. Raffles sengaja menjebak Bunny untuk ikut melakukan pencurian batu permata yang menjadi petualangan pertama bagi Bunny sekaligus awal jalinan kerjasama antara dirinya dan Raffles.
sumber tentang penulis dan sosok Mr. Raffles : Hobby Book's Classic
***
Aku membeli buku ini tanggal 8 Juli 2014. Saat aku datang ke sebuah toko ----, aku melihat buku ini. aku tertarik ketika melihat tulisan Pencuri Legendaris dari Inggris karena aku teringat akan kepiawaian dari 'Arsene Lupin', pencuri asal Perancis karangan Maurince Leblance. Aku tertarik covernya( walau kita tak boleh menilai sesuatu hanya dari cover :p) yang menarik eksklusif. Lalu aku melihat sinopsisnya. Aku melihat bahwa ini berbeda dari 'Arsene' karena pemain utamanya adalah seorang bintang kriket dan ada pula asistennya yang tak lain adalah adik kelasnya. 


Penerjemahan yang baik dan alur yang enak membuat buku ini bagus untuk dibaca. Ini berlaku bagi kalian yang suka karangan terjemahan lhoooo. Kalau yang gak suka, pasti malas dan pusing untuk membacanya. Saat aku mencari sosok A.J Raffles di internet, yang ku dapat gambar mengerikan itu hehehe maaf (soalnya tak sesuai bayanganku :p ). Konflik yang tercipta dan petualangan-petualangan yang digambarkan, membuat kita ingin baca sampai selesai. Namun, action Raffles dalam novel ini kurang membuat deg-degan seperti yang dilakukan 'Arsene Lupin' atau 'Sherlock Holmes'.
Namun, tenang saja. Di novel ini, banyak pembelajarang/ kata-kata yan dapat kita ambil kok. Kat-kata yang paling mengena yaitu :
sumber gambar: Lensa Buku

Ya intinya, kita harus waspada dan harus selalu berhati-hati dalam berbuat. Kita juga harus introspeksi diri. Bahwa apa yang kita lihat, apa yang kita dengar belum tentu fakta yang ada. Masih ada fakta lain tentunya (y).
http://bukuafifah.blogspot.com/2015/06/read-book-mr-justice-raffles.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *